Kabarjagad, Madiun – KAI Daop 7 Madiun kembali mencatatkan kinerja positif pada aspek Angkutan Penumpang pada periode Februari 2025. Kinerja positif tersebut dapat dicapai salah satunya atas kepercayaan pelanggan yang terus memilih moda transportasi kereta api untuk mendukung mobilitas dalam bepergian.
Data kinerja Angkutan Penumpang pada bulan Februari 2025 mencatat sebanyak 439.744 pelanggan diberangkatkan dari wilayah Daop 7 Madiun. Terjadi peningkatan volume angkutan penumpang sebanyak 13.116 pelanggan atau meningkat 3 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2024 yang hanya memberangkatkan sebanyak 426.628 pelanggan.
Sementara itu, untuk penumpang tiba atau turun di stasiun wilayah Daop 7 Madiun juga menunjukkan trend yang positif. Pada Februari 2025, sebanyak 428.348 pelanggan tiba di wilayah Daop 7 Madiun. Jika dibandingkan dengan kedatangan atau penumpang turun pada periode Februari 2024 yang tercatat sebanyak 413.146, maka ada kenaikan sebanyak 15.202 atau naik 4 persen.
Manager Humas KAI Daop 7 Madiun Rokhmad Makin Zainul, Jumat (7/3/2025), dalam keterangan tertulisnya mengatakan, “Beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja positif bahwa moda transportasi KA menjadi pilihan masyarakat dalam mobilisasinya yakni komitmen pada keselamatan dan waktu perjalanan yang dapat diprediksi dan dipastikan sehingga lebih tepat waktu. Untuk ketepatan waktu atau On Time Performance (OTP) keberangkatan KA penumpang di Daop 7 Madiun tercatat 100%,” jelas Zainul.
Berikut lima stasiun dengan jumlah pelanggan terbesar di Wilayah Daop 7 Madiun:
1. Stasiun Kediri: 64.732 pelanggan naik, 60.843 pelanggan turun
2. Stasiun Blitar: 64.381 pelanggan naik, 67.543 pelanggan turun
3. Stasiun Madiun: 63.474 pelanggan naik, 63.391 pelanggan turun
4. Stasiun Jombang: 53.056 pelanggan naik, 51.168 pelanggan turun
5. Stasiun Tulungagung: 52.958 pelanggan naik, 52.242 pelanggan turun
Kelima stasiun ini menjadi pusat mobilitas utama masyarakat di Wilayah Daop 7 Madiun, yang menggambarkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat dalam memanfaatkan layanan kereta api.
“Kami akan terus berupaya meningkatkan kenyamanan dan keselamatan penumpang, serta bekerja sama dengan pihak terkait untuk menjaga operasional yang aman dan tertib. Kami berharap, peningkatan jumlah penumpang ini juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah-wilayah yang dilalui jalur kereta ap,” tutup Zainul
Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121.(Djr)