EKBIS  

Tingkatkan Pelayanan, KAI Daop 7 Bagikan Takjil Gratis bagi Pelanggan

Foto : salah satu pegawai Daop 7 saat membagikan takjil kepada beberapa penumpang di ruang tunggu stasiun Madiun.

Kabarjagad, Madiun – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun menyelenggarakan program pemberian takjil gratis bagi pelanggan Kereta Api Jarak Jauh yang sedang menunggu di stasiun. Takjil gratis dibagikan kepada pelanggan yang telah melakukan boarding pada pukul 17.00 WIB atau 1 jam sebelum waktu berbuka puasa selama 10 hari terakhir Ramadan atau 21 Maret s.d 30 Maret 2025.

Setiap pelanggan akan menerima satu paket takjil berisi roti, air mineral, dan kurma coklat yang dapat digunakan untuk berbuka puasa. Secara keseluruhan, 34.400 paket takjil akan dibagikan di 21 stasiun yang tersebar di Jawa dan Sumatera.

Khusus di wilayah Daop 7 Madiun, pembagian takjil akan dilakukan di Stasiun Madiun, dengan 70 paket takjil disediakan setiap hari. Selama 10 hari terakhir Ramadan, total sebanyak 700 paket takjil gratis akan dibagikan kepada pelanggan sebagai bentuk kepedulian dan pelayanan PT KAI kepada masyarakat yang menjalankan ibadah puasa.

“Program pemberian takjil gratis ini rutin kami laksanakan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KA Jarak Jauh selama masa Angkutan Lebaran. Dengan adanya takjil gratis ini, akan memudahkan pelanggan sehingga tidak perlu repot menyiapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa saat berada di stasiun,” kata Rokhmad Makin Zainul, Manager Humas Daop 7 Madiun dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/3/2025).

“Dengan adanya program Takjil Gratis ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan di masa Angkutan Lebaran ini,” imbuh Zainul.

Sementara itu, KAI Daop 7 Madiun mencatat hingga berita ini diturunkan, pada keberangkatan H-10 Lebaran atau Jumat (21/3/2025), sebanyak 4.611 pelanggan naik menggunakan kereta api ke berbagai daerah pada masa mudik ini. Adapun jumlah penumpang turun atau tiba di wilayah Daop 7 Madiun total sebanyak 7.729 pelanggan. Angka ini dinamis karena penjualan tiket masih berjalan hingga KA berangkat.

“KAI mengajak masyarakat untuk dapat segera mudik menggunakan kereta api untuk mengurangi kepadatan menjelang hari Lebaran. KAI berkomitmen ciptakan mudik ‘Tenang dan Menyenangkan’,” tutup Zainul.(Djr)