JATIM  

Cangkrukan, Sosialisasi SP4N LAPOR di Pasar Induk Among Tani Kota Batu

Kegiatan Cangkrukan dan Sosialisasi SP4N LAPOR di Pasar Induk Among Tani Kota Batu. (Ist)

Kabarjagad, Kota Batu – Kegiatan cangkrukan santai bertajuk “Cangkruk Bareng dan Sosialisasi SP4N LAPOR di Pasar Induk Among Tani” ini adalah tentang acara yang diadakan di Food Court lantai 3 Pasar Induk Among Tani, Kota Batu, Sabtu (25/1/2025). Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan layanan pengaduan publik bernama SP4N LAPOR! kepada masyarakat Kota Batu.

Acara ini mempertemukan perwakilan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) dengan Pemerintah Kota Batu, yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Batu, Onny Ardianto, dan Kepala Diskumperindag Kota Batu, Aries Setyawan, untuk berdiskusi seputar layanan pengaduan nasional, SP4N LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat).

Koordinator pelaksana kegiatan sosialisasi yang juga merupakan Analis Kebijakan Madya Deputi Pelayanan Publik KemenPAN-RB, Rosikin, menyampaikan bahwa SP4N LAPOR! merupakan salah satu cara efektif bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, keluhan, dan pengaduan terkait pelayanan publik.

“Kami ingin masyarakat Kota Batu merasa lebih dekat dengan pemerintah, terutama dalam hal penanganan aduan. SP4N LAPOR! ini menjamin semua laporan ditindaklanjuti sesuai dengan prinsip ‘No Wrong Door Policy’, sehingga tidak perlu khawatir laporan akan salah sasaran,” jelas Rosikin.

Sementara itu, Asisten Deputi Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat Kemen PANRB, Insan Fahmi, juga menyoroti pentingnya peran anak muda dalam menggunakan platform ini. Fitur anonim juga disediakan bagi pelapor yang tidak nyaman untuk mengungkap identitasnya.

“Sebagian besar pengguna SP4N LAPOR! adalah generasi muda. Kami mengajak kalian untuk aktif melaporkan segala bentuk pelayanan yang dirasa kurang optimal, mulai dari masalah KTP hingga kebersihan lingkungan,” ungkap Insan.

Dalam hal ini, Kadis Kominfo Kota Batu, Onny Ardianto, menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Batu telah mengintegrasikan SP4N LAPOR! ke dalam sistem pelayanan publik, dengan setiap SKPD menunjuk operator khusus untuk menangani laporan yang masuk melalui SP4N LAPOR!.

“Kami memastikan setiap laporan segera didisposisikan dan ditindaklanjuti. Alhamdulillah, seluruh SKPD sangat responsif, terutama Dinas PUPR yang selalu cepat dalam menangani laporan masyarakat,” ungkapnya.

Acara sosialisasi SP4N LAPOR! yang berlangsung sejak pukul 07:00 WIB di atrium tengah Pasar Induk Among Tani, juga menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis sebagai tambahan manfaat. Selain itu, para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung aplikasi SP4N LAPOR! dengan bimbingan dari tim sosialisasi.

Salah satu pedagang makanan di Pasar Induk Among Tani, Cak Kinun yang terkenal dengan kuliner Soto Laken pada kesempatan ini juga turut menyampaikan harapannya. “Biasanya birokrasi bikin ribet. Tapi kalau dengan SP4N LAPOR! ini bisa lebih cepat, saya dukung penuh. Semoga masalah-masalah seperti sampah di pasar bisa segera tertangani dengan lebih baik,” tandasnya.

Selain sosialisasi tentang SP4N LAPOR!, acara ini juga menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis dan kesempatan bagi peserta untuk mencoba langsung aplikasi SP4N LAPOR!. Melalui pendekatan santai dan interaktif, acara ini berhasil menggugah semangat masyarakat Kota Batu untuk aktif berpartisipasi dalam peningkatan pelayanan publik.

SP4N LAPOR! adalah layanan pengaduan publik yang dikelola oleh Kementerian PANRB. Tujuannya adalah memudahkan penyelenggara dalam mengelola pengaduan masyarakat, memberi akses kepada masyarakat untuk menyampaikan pengaduan, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. SP4N LAPOR! sudah terintegrasi dengan 548 pemerintah daerah di Indonesia, termasuk Kota Batu. SP4N LAPOR! dapat diakses melalui situs lapor.go.id atau bisa melalui aplikasi mobile SP4N LAPOR! dan SMS 1708. (Fr)